No Widgets found in the Sidebar

Dunia digital membuat sebagian besar orang berkutat dengan data di kehidupan sehari-hari. Nah, misalkan saat kamu melihat sosial media, ada iklan yang ditampilkan. Tahukah kamu? Itu ialah hasil pemrosesan data kegiatanmu di sana. Dibalik proses itu, ada peranan Data Analyst.

Profesi ini makin sering terdengar sejak digitalisasi ramai dilakukan. Adapun di dunia digital, peranan data penting untuk memperoleh info saat membuat lebih banyak aplikasi dengan fitur yang sesuai kebutuhan pemakai.

Pengertian Data Analyst

Data Analyst atau analis data ialah orang yang bekerja dengan data. Data Analyst ahli dalam bidang analisis data, salah satu pekerjaan dalam bidang data science. Data science merupakan sebuah cara untuk meneliti dan memproses data mentah untuk menarik sebuah kesimpulan.

Umumnya penghasilan analis data di Indonesia ialah Rp8.000.000 tiap bulannya, dan di Amerika dapat capai $66.880 /tahunnya. Jumlah itu lumayan besar, saat dibanding dengan beberapa angka penghasilan pada profesi yang lain?

Tetapi, ingatlah jika penghasilan yang lumayan besar itu sesuai dengan tanggung-jawab yang dilimpahkan ke analis data, ya!

Kemampuan yang Harus Dimiliki Data Analyst

Kemampuan Analisis

Namanya saja sudah analis data, tentu menganalisa yaitu nomor satu dalam rasio prioritas kemampuan yang penting dimiliki. Kemampuan analisis yang diperlukan lebih khusus berkaitan dengan data. Dalam tingkatkan kemampuan ini, tentunya kamu dituntut untuk mempunyai critical thinking atau berpikiran krisis hingga dapat menerjemahkan data dengan ketepatan yang lebih tinggi.

Kadang, analisis data dilakukan untuk cari jalan keluar atas permasalahan bisnis yang ditemui perusahaan. Maka, untuk hal tersebut, kamu membutuhkan kemampuan problem solving. Di Dalamnya, banyak cara pikir yang bisa diterapkan, satu diantaranya ialah computational thinking.

Pemrograman

Walau pemrograman data lebih lekat dengan data scientist, jadi seorang analis data pun tidak kalah pentingnya dalam mempelajari pemrograman. Satu diantaranya, belajar pemrograman SQL.

SQL adalah tool yang perlu kamu kuasai untuk mengelola dan memproses data yang kamu peroleh. Nach, proses mengolah dan mengelola data juga menjadi lebih gampang bila kamu terampil dalam bidang pemrograman.

Visualisasi Data

Seperti hal yang sudah dikatakan, analis data nanti akan turut dalam ambil keputusan oleh perusahaan berdasar data yang sudah diproses. Oleh karena itu, kemampuan ini benar-benar diperlukan supaya kamu dapat semakin memahami dalam menganalisa dan mempermudah seseorang untuk mendapatkan deskripsi tentang data tersebut.

Pengetahuan dalam Sektor Statistik

Pengetahuan berkaitan statistik tentu saja benar-benar dibutuhkan oleh seorang analis data dalam ambil keputusan. Ada dua tipe pengetahuan berkaitan statistik yang penting untuk dipahami, yakni statistik ringkas atau statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Komunikasi dan Presentasi

Bekerja di mana saja dan dalam sektor apa pun itu, termasuk jadi analis data, kamu memerlukan kemampuan komunikasi dan presentasi yang bagus karena keterikatannya dalam jalinan dengan pihak luar. Ke-2 hal itu akan membantumu saat sampaikan gagasan atau ide berkaitan data yang sudah diproses.

 

Demikian artikel kali ini bagi kamu yang ingin menjadi seorang data analyst, dapat mengikuti pelatihan di Hacktiv8. Hacktiv8 merupakan tempat pelatihan bootcamp untuk pemula menjadi talenta digital terlatih seperti Programmer, Data Analyst, dan Digital Marketer. Sudah banyak lulusan Hacktiv8 bekerja di perusahaan ternama di indonesia. Giliran kamu ikut pelatihannya sekarang!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *